Bahas Film Melodylan

by - Maret 06, 2022


Film Melodylan ini cocok untuk ditonton bagi para remaja, apalagi dimasa liburan sekolah yang banyak waktu luang nya. 

Karena film ini  kemungkinan akan membuat para remaja mengingat lagi kisah indah tentang cinta yang dirasakan ketika masa sekolah.

Detail Film Melodylan

Film ini disutradarai oleh Fajar Nugros dan rilis pada tahun 2019, dan merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama karya Asri Aci.

Para pemain film Melodylan :

Devano Danendra sebagai Dylan Arkana

Aisyah Aqilah sebagai Melody Alexandria

Angga Aldi Yunanda sebagai Fathur Adriano

Zoe Abbas Jackson sebagai Bella Vallerie

Yasmin Napper sebagai Anna Candice

Naomi Paulinda sebagai Katrina Azzela Wilson/Kate

Bryan Andrew sebagai Yugo Samtiar

Indra Jegel sebagai Angga Calvins

Alzi Markers sebagai William Fernandez

Naimma Aljufri sebagai Bianca Angelyn Pramoedya

Pangeran Lantang sebagai David

Jordy Rizkyanda sebagai Musical

Roweina Umboh sebagai Nada

Yeyen Lidya sebagai Elena

Dominique Sanda sebagai Novia

Ananta Rispo sebagai Herman

Arief Didu sebagai Guru BP

Matias Ibo sebagai Dokter

Erick Estrada sebagai Mukidi

Simran Punjabi sebagai Guru bahasa Inggris

Alur Film Melodylan

Seperti aku bilang di awal film ini akan sangat cocok ditonton bagi para remaja, karena jika ditonton oleh orang yang usia nya sudah diatas 20 tahunan rasanya akan sulit untuk dinikmati, karena di usia diatas 20 tahunan tentu sudah banyak pengalaman hidup yang lebih rumit dibanding sekedar kisah cinta dimasa sekolah, kayak rasa nya gak akan sampai ke hati gitu lho.

Secara keselurahan film bercerita tentang kisah Melody, remaja SMA yang pindah kesekolah baru karena mempunyai masalah disekolah lamanya.

Masalah tersebut berkaitan dengan mantan nya Melody yang bernama David.

David dengan sengaja merekam Melody ketika berganti pakaian, atas dasar menerima tantangan dari teman-teman nya. 

Meski telah pindah ke sekolah baru terkadang David datang menemui Melody, meski Melody selalu menolak.

Kehidupan Melody disekolah barunya lumayan lancer, dia mempunyai dua orang teman akrab bernama Anna dan Kate.

Perlahan masalah muncul satu demi satu, dimulai dengan Melody yang diantar pulang oleh Dylan gosipnya menyebar ke seluruh sekolah, berganti dengan gosip Melody yang diantar oleh Fathur.

Jadi Dylan itu menyukai teman nya yang bernama Bella, meski Bella tau perasaan Dylan terhadapnya tapi Bella terus mengharapkan rasa suka nya terhadap Fathur terbalas. 

Sampai akhir nya terjadi adegan labrak melabrak yang memojokan Melody, yang dilakukan oleh seorang yang bernama Yugo yang merupakan musuhnya Dylan juga dilakukan Bianca yang tidak lain adalah pacarnya Yugo yang juga merupakan mantan nya Fathur.

Dengan drama tentang gosip-gosip yang menyebar ke seluruh sekolah juga adegan labrak melabrak, akhirnya di ujung film Melody dan Dylan pacaran. 

Hubungan mereka harmonis bahkan saat ulang tahun, Melody diberi kejutan oleh Dylan.

Hingga akhirnya terjadi puncak konflik yaitu Bella berkali-kali masuk rumah sakit yang membuat Dylan sering meninggalkan Melody saat mereka tengah menghabiskan waktu berdua. 

Dylan yeng melihat Melody diikatkan tali sepatu nya oleh Fathur memendam rasa cemburu, sedangkan Melody yang sering ditinggal pergi oleh Dylan karena alasan Bella sakitpun emosinya memuncak, mereka bertengkar hebat hingga Dylan mengucap kata putus. 

Waktupun berlalu, Hari kelulusan tiba tapi hubungan Melody dan Dylan belum juga membaik.

Karena tau Dylan akan kuliah diluar negeri Melody menemui Dylan untuk meminta maaf.

Di sisi lain, kondisi Bella sudah membaik begitu juga dengan hubungan nya dengan Fathur. 

“jangan sedih, jangan nangis, kamu kan tau aku gak suka air mata”.

Suatu malam, saat Melody duduk di cafΓ© tempat biasa dia berkumpul dengan teman-teman nya.

Lalu dibawah tisu dia menemukan flash disk, ketika membuka flash disk terssebut ada video Dylan, yang isi pembicaraan nya adalah:

“Mel, meski sekarang aku udah gak disamping kamu tapi kebersamaan kita tetap jadi kenangan, maaf kalau aku gak bisa nepati janji aku tapi aku bahagia Mel, bisa kenal kamu, jadi pacar kamu, dan habisin waktu terus sama kamu, bolehkan kalau nanti aku rindu kamu, Melody dengan siapaun aku nantinya kamu akan tetap jadi yang pertama buat aku, terimakasih Melody udah ngajarin aku banyak hal, dan rasa cinta itu hanya ku dapatkan dari kamu, hapus dulu air matanya jangan nangis kamu kan tau aku gak suka air mata, senyum, senyuman kamu itu indah seperti bunga, ada dua hal di dunia ini yang tidak bisa dipaksakan pertama hati dan kedua takdir, I love you Melody.

Tiba-tiba Dylan ada dihadapan Melody sambil bilang jangan cengeng, mereka pun berpelukan, film pun berakhir. 

Kesan Setelah Menonton Film Melodylan 

Ceritanya ringan dan sangat berhubungan dengan kondisi remaja saat ini, seperti visualisasi penggunaan social media misalnya.

Hal yang baik dari film ini adalah para orang tua yang selalu support anak nya, dengan memberikan nasihat kepada anak setelah mendengar apa masalah yang dialami anak nya, bahkan untuk masalah percintaan, karena menurutku komunikasi diantara anak dan orang tua sangat penting di zaman sekarang ini, daripada anak lebih jujur dengan orang lain lebih baik buat anak untuk selalu jujur terhadap orang tua terlebih dahulu, dengan begitu anak merasa lebih dipercaya oleh orang tua dan mudah-mudahan tidak akan mengkhianati kepercayaan tersebut. 

Selain itu ada beberapa kutipan yang bisa diambil oleh penyuka kutipan sepert aku.


Hanya saja, film ini dibungkus juga dengan adegan-adegan yang dibuat untuk lucu tapi gak ngena lucu nya, kayak cuma buat nambah durasi film aja menurut ku. 

Meskipun aku tidak lagi remaja tapi masih bisa cengengesan kok kalau ada adegan film yang lucu, tapi balik  ke poin kalau selera humor orang itu beda-beda. 

Humorku itu kalau ada adegan film yang memang lucunya itu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari bukan lucu yang dibuat dengan sekadar kata-kata seperti film Melodylan ini. 

Buat kalian yang masih SMA/SMK/MA yang lagi libur sekolah mungkin akan cocok buat nonton film ini untuk menghabiskan waktu luang, aku pribadi nonton nya di aplikasi iflix.


Bahas film lain bisa cek dipostingan lainnya.

You May Also Like

0 Comments