Berkah Ramadhan bagi UMKM

by - April 19, 2021

Sebagai anak bangsa, Ramadhan tidak menurunkan semangat untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan, bukan hal yang mustahil bagi kita untuk menjadikan momentum Ramadhan sebagai waktu yang tepat untuk memulai suatu usaha. 

Seperti yang dilakukan oleh Irna Kelarasati gadis berusia 22 tahun selaku pelaku UMKM yang bergerak di bidang  busana muslim, asal kampung Ciwaru RT 03 RW 03, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Sukabumi.

Tahun lalu omzet yang besar pada bulan suci 
Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang busana Muslim seperti Irna.

Pada Ramadhan tahun ini, Irna berharap produk busana muslimnya semakin diminati. Bukan hanya sekedar laris manis, namun bisa terpakai oleh semua kalangan.

Irna mulai merintis busana muslim sejak tahun 2018, busana Muslim dipilihnya lantaran bagi umat Islam, busana adalah bagian dari ibadah untuk menutupi aurat.
bahan baku yang dipilih adalah bahan-bahan berkualitas tinggi.
Sehingga produk busana muslim Irna ini memiliki kualitas yang baik , tapi tetap dengan harga yang terjangkau yaitu kisaran 100 - 250 ribu rupiah.

Untuk membeli bahan baku Irna biasanya pergi ke Tanah Abang sehingga Irna turut membantu UMKM lainnya.

Bahkan banyak para pembeli pribadi dan UMKM dari luar pulau Jawa yang membeli barang-barang secara grosir untuk dijual kembali, biasanya mereka langsung mengirim barang yang dibeli melalui jasa ekspedisi yang berada di Pasar Tanah Abang, salah satunya ada JNE. Para UMKM sangat terbantu dengan adanya jasa pengiriman barang JNE yang memiliki jangkauan luas keseluruh wilayah di Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Usaha tidak selalu berjalan mulus, pada tahun 2020, Irna sempat resah dengan munculnya pandemi Covid-19. Ia khawatir usahanya terdampak, di mana memang tahun lalu hampir seluruh sendi perekonomian sangat terdampak.
Namun, dirinya tetap optimis usahanya akan tetap bertahan dan produk busana muslimnya masih mendapat tempat di hari konsumen. Benar saja, usahanya seperti tak bergeming oleh pandemi Covid-19.

Mari kita mulai belanja produk dalam negeri! Karena dengan berbelanja produk dalam negeri, artinya kita sudah membantu para UMKM untuk maju dan juga ikut membantu pemerintah memajukan perekonomian Indonesia dan mengentaskan kemiskinan di negara tercinta ini.

#JNE 
#JNERamadhan2021
#BlogBerkahRamadhanantarkankebahagiaan
#BahagiaBersama 




You May Also Like

0 Comments