Manfaat Menggunakan Sunscreen untuk Kulit

by - Agustus 21, 2022

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang fungsi utamanya untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik sinar UVA  maupun UVB.
Sunscreen dapat berbentuk losion, spray, gel, foam, atau stick.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat dari sunscreen.

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari 

Sinar matahari terbagi beberapa jenis, 
yang paling di kenal adalah sinar UVA dan UVB, kedua nya sama-sama berdampak buruk bagi kulit.
Sinar UVA, dapat menembus kaca dan awan, baik itu pada siang atau malam hari bahkan saat cuaca sedang mendung, sinar UVA dapat menembus bagian terdalam kulit sehingga menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah.
Sinar UVA lah yang membuat proses penuaan terjadi lebih cepat, serta menyebabkan keriput dan flek.
Sedangkan sinar UVB (Ultraviolet-Burning) adalah sinar matahari yang memiliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA, sinar UVB tidak dapat menembus kaca dan awan, tapi radiasi nya lebih kuat dari sinar UVA, sehingga apabila terkena sinar UVB sebentar saja dapat mengakibatkan kulit terbakar. 
Sehingga perlu penggunaan sunscreen
2. Mencegah Kulit Terbakar
Bila terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari, tentu nya akan membuat kulit wajah jadi memerah, sehingga perlu sunscreen agar kulit terlindungi.
Kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB bisa dilihat pada angka SPF-nya. Karena itu, pastikan untuk memilih sunscreen dengan minimal SPF 30.

3. Mencegah Munculnya Komedo

Salah satu penyebab muncul nya komedo adalah paparan sinar matahari, sehingga untuk menghindari hal tersebut perlunya penggunaan sunscreen.
4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat sunscreen lain nya adalah untuk mencegah penuaan dini, kenapa? Karena sunscreen memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang menyebabkan penggelapan pada warna kulit, munculnya noda hitam, warna kulit tidak merata, kerutan pada wajah, kulit kering dan kasar yang merupakan tanda penuaan dini.

5. Mencegah Kanker Kulit

Radiasi UVB bisa menyebabkan kulit terkena sunburn, yang merupakan tanda kerusakan sel DNA pada kulit. 
Hal tersebut, menyebabkan kulit bisa terkena kanker kulit. 
Dengan penggunaan sunscreen, resiko terkena kanker kulit dapat diminimalisir.

Karena itu sangat penting untuk menggunakan sunscreen yang bagus dan cocok untuk permasalahan kulit yang dihadapi.
Dengan pemakaian sunscreen secara rutin, tentu kulit pun akan jauh lebih sehat dan cerah. 

Bingung dalam memilih sunscreen? Menurut ku, kamu bisa memilih salah satu sunscreen dari brand Wardah. 
Karena banyak pilihan nya dan dapat disesuaikan dengan jenis kulit dan permasalahan kulit yang dihadapi.

Rekomendasi Sunscreen Wardah Versi CekList.ID

Sunscreen wardah UV Shield Essential Gel SPF 30 PA +++

Dibekali dengan spf 30, Sunscreen wardah UV Shield Essential Gel SPF 30 PA +++ cocok digunakan untuk aktivitas dalam ruangan. 
Kelebihan nya adalah tidak meninggalkan whitecast sama sekali, non comedogenic, kandungan alkohol free, sehingga cocok untuk semua jenis kulit, juga dibekali dengan Vit E & Pro Vit B5 yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Sunscreen wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA ++++

Beberapa kelebihan nya adalah, dilengkapi dengan aqua fused technology yang mampu menghidrasi kulit dengan baik, cocok untuk semua jenis kulit berkat Alcohol free & non comedogenic nya, tidak meninggalkan white cast saat diaplikasikan, dan memiliki sifat yang watery feel sehingga nyaman di kulit. 

Sunscreen wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 PA ++++ 

Beberapa kelebihan nya adalah sifatnya yang waterproof membuat penggunanya nyaman walau terkena air atau keringat, tidak mengandung alkohol sama sekali sehingga cocok untuk kulit sensitif bahkan aman digunakan untuk ibu hamil, teksturnya yang ringan dan tidak lengkap serta waterproof, sunscreen ini cocok digunakan untuk aktivitas renang, lari dan aktivitas outdoor lainnya.

Sunscreen wardah UV Shield Light Matte Sun Stick

Beberapa kelebihan nya adalah Sunscreen memiliki sifat waterproof dan sweatproof sehingga sangat nyaman digunakan untuk aktifitas outdoor, tidak mengandung alkohol, cocok digunakan untuk semua jenis kulit, tidak memberikan efek whitecast sama sekali, dan telah dilengkapi dengan blue light protection. 

Sunscreen Sun Care Gel SPF 30


Beberapa kelebihan nya adalah diformulasikan dengan ekstrak lidah buaya, Pro vitamin B5 dan juga vitamin E sehingga kulit terjaga kelembapan nya, tidak mengandung parfum serta alkohol, sunscreen wardah ini bisa digunakan untuk kulit sensitif, tekstur nya gel yang ringan saat diaplikasikan.

Sunscreen wardah Gel SPF 30 Edisi Umroh dan Haji

Sunscreen wardah Gel SPF 30 Edisi Umroh dan Haji ini hadir dengan spf 30 dimana sudah disesuaikan dengan sinar matahari di Arab Saudi.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, dijelaskan terkait
manfaat menggunakan sunscreen untuk kulit dan rekomendasi sunscreen Wardah versi CekList.ID

You May Also Like

0 Comments