Memilih Alat Makan MPASI yang Aman - LustyBunny

by - September 14, 2021

Ada berbagai material yang digunakan untuk membuat peralatan MPASI, yang lebih banyak ditemukan adalah berbahan plastik dan masih ada bahan lain, seperti stainless steel atau kaca. 

Peralatan MPASI yang terbuat dari stainless steel dan kaca dicap lebih aman karena terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Selain itu, keduanya cenderung lebih mudah dibersihkan, terutama dari lemak pada sisa MPASI. 

Meski demikian, tempat makan dari bahan kaca tidak bisa digunakan langsung oleh si kecil karena gampang pecah.
Harga keduanya juga relatif lebih mahal dibanding peralatan berbahan  plastik.

Sedangkan peralatan MPASI yang terbuat dari plastik memiliki beberapa keunggulan, di antaranya tidak akan rusak ketika dibanting, warnanya lebih beragam, dan harganya terjangkau. Peralatan MPASI berbahan plastik juga lebih aman dan praktis bila dibawa ke mana-mana.
Jika memilih peralatan MPASI dengan bahan plastik, harus memastikan sudah memiliki label non-BPA (Bisphenol-A) atau BPA free. 

BPA  atau bisphenol-A adalah zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada berbagai produk dan salah satunya botol atau wadah makanan si Kecil, serta dapat berpindah ke makanan yang mengakibatkan beberapa masalah kesehatan.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa BPA dapat menjadi senyawa “pengganggu hormon” karena berpotensi mengganggu fungsi normal dari sistem hormon yang menimbulkan efek merugikan pada kesehatan, reproduksi, perkembangan, serta masalah tingkah laku 
(behavioural).

Sementara itu, penggunaan plastik BPA juga dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan berikut:
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Persalinan prematur
  • Asma
  • Gangguan fungsi hati
  • Gangguan fungsi kekebalan tubuh
  • Gangguan fungsi tiroid
  • Gangguan fungsi otak

Peralatan MPASI berbahan plastik yang aku rekomendasikan adalah LustyBunny, karena sudah BPA Free. 
Selain itu bahan yang digunakan adalah plastik food grade Polipropilen (PP) terbukti dengan kode segitiga dengan angka lima yang ada di bawah tiap - tiap peralatan MPASI nya. 

Polypropylene sendiri lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan tahan terhadap bahan kimia.
Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan dan yang terpenting feeding set untuk si kecil.

Sedangkan food grade, Menurut kamus kesehatan Maknaa.com adalah istilah untuk menjelaskan “standarisasi material yang layak digunakan untuk memproduksi perlengkapan makan”. Suatu material dianggap food grade apabila tidak memindahkan zat-zat berbahaya ke makanan yang akan kita makan. 
Standarisasi ini bertujuan untuk menjaga kualitas makanan.

Ada syarat-syarat bahan untuk dikualifikasikan sebagai food grade, yaitu:
  • Tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan.
  • Tidak mengubah rasa makanan.
  • Tidak mentransfer unsur tertentu dalam makanan.

Dari sekian banyak nya produk LustyBunny yang berkualitas kali ini aku akan review 
LustyBunny Feeding Set dan Bunny TRAINING CUP BASIC 180ML 

LustyBunny Feeding Set 

Menurut aku hampir semua peralatan MPASI dari LustyBunny design nya sederhana tapi tetap menarik, untuk feeding set LustyBunny yang aku punya adalah yang satu set berisi piring, sendok, garpu dan cangkir beserta tutup nya. 
Selain putih ada warna lain yaitu merah dan biru yang cocok untuk anak-anak baik perempuan maupun laki-laki. 
Semua peralatan nya tumpul jadi aman untuk sikecil, tetapi sebaiknya penggunaan garpu ditunda sampai si kecil berusia 8 bulan. 

Aku pribadi sangat suka dengan sendok nya karena bentuk nya menyerupai sendok orang dewasa. 

Setiap bayi memiliki porsi makan berbeda-beda. Namun menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, porsi makan bayi yang ideal sesuai usianya adalah sebagai berikut:
Bayi 6-9 bulan: 2-3 sendok makan hingga 125 ml per porsi
Bayi 9-12 bulan: 125 ml per porsi
Bayi 12-24 bulan: 190 ml hingga 250 ml per porsi.

Nah menurut aku pribadi feeding set LustyBunny ini cocok untuk digunakan si kecil yang berusia 6 bulan bahkan sampai 2 tahun, karena ukuran piring nya yang lumayan besar. 
Untuk harga nya sendiri adalah 26.900 rupiah. Harga nya ekonomis untuk feeding set yang aman untuk si kecil. 

Bunny TRAINING CUP BASIC 180ML
Design Bunny Training Cup ini menarik sekali, dilengkapi dengan sedotan berpenutup. Selain itu, ada pegangan di kedua sisi, memudahkan si kecil untuk memegang botol agar tidak terlepas dari genggaman tangan dan mempermudah masa transisi bayi dari botol ke cangkir minum.

Ada tiga pilihan warna yaitu biru, pink dan hijau, untuk harga nya sendiri adalah 29.600 rupiah. 
Untuk info lebih lanjut soal produk LustyBunny bisa kunjungi web nya atau cek sosial media nya seperti pada instagram, twitter dan facebook.
Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 Comments