Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Shorts dan Youtube Analytics

by - Februari 02, 2023


Shorts merupakan fitur terbaru Youtube untuk menyaingi TikTok dan Instagram Reels. Anda yang kebetulan membuat konten di platform tersebut tentunya perlu mempelajari faktor-faktor yang menunjang kualitas konten hingga Youtube analytics untuk pemantauan informasi yang masuk.  

Adapun faktor-faktor yang berpengaruh pada kualitas Shorts mencakup:

  • Keyword

Kata kunci atau keyword menjadi alat yang membantu Anda menganalisis performa video yang diunggah ke Shorts. Maka dari itu, Anda sebaiknya meriset dulu keyword yang akan digunakan agar video sampai ke audiensi yang tepat.

  • Audio dan hashtag

Fitur musik pada Shorts dapat membuat video semakin menarik disimak, sehingga menyelipkannya sangat dianjurkan kalau ingin konten cepat mendapatkan views. Begitu pula dengan hashtag, carilah yang sesuai tema dan keyword yang dipasang.

  • Durasi Video

Berbeda dari Youtube, durasi video Shorts lebih singkat, yakni maksimal 60 detik. Jadi pastikan konsep video Anda memenuhi durasi tersebut. Rencanakan dulu seperti apa video yang direkam untuk mencegah durasi terlalu panjang maupun pendek.

  • Sudut pengambilan

Terakhir, cek sudut pandang atau angle video yang diambil. Shorts menggunakan mode potrait seperti kamera smartphone. Jadi ada baiknya Anda mengikuti angle tersebut supaya video mudah disaksikan pengunjung.


Matamaya dalam hal ini akan memudahkan Anda mempelajari dalam Youtube analytics, sehingga video Shorts yang dihasilkan sampai ke target audiensi.

You May Also Like

0 Comments